Contoh Soal Sejarah Kelas 10 PG Beserta Jawabannya (Bagian 4)


Inilah Prediksi Soal-soal yang kemungkinan besar keluar di Pelajaran Sejarah Kelas 10 Tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA).

Besar kemungkinan anda untuk mendapatkan nilai yang bagus jauh lebih tinggi dan lebih besar dari teman kalian yang tidak belajar latihan soal-soal ini.

Ini merupakan lanjutan dari Contoh Soal Sejarah Kelas 10 PG (Bagian 3)

Soal-Soal PG ini bisa anda jadikan referensi dalam menghadapi soal Sejarah kelas 10 SMA yang sebenarnya.

Berikut dibawah ini adalah Contoh Soal Sejarah Kelas 10 PG Beserta Jawabannya (Bagian 4), dimulai dari soal nomor 31 sampai dengan soal nomor 40.

31. Kata sejarah diserap dari bahasa...
A. Perancis
B. Melayu
C. Inggris
D. Turki
E. Arab
Jawabannya: E. Arab

32. Perhatikan pernyataan berikut.
Sejarah tidak berkembang ke arah depan dengan tujuan yang pasti, tetapi bergerak seperti garis lingkaran yang tinggi rendahnya diakibatkan oleh keadaan manusia.
Pernyataan tersebut adalah pengertian sejarah menurut sejarawan, yaitu....
A. Thomas Carlyle
B. Ibnu Khaldun
C. Aristoteles
D. Herodotus
E. Plato
Jawabannya: D. Herodotus

33. Selain manusia dan ruang, waktu merupakan unsur penting lain dalam sejarah. Waktu menjadi unsur dan konsep penting dalam sejarah karena...
A. Sejarah manusia berlangsung dalam waktu tertentu
B. Hanya manusia yang memiliki unsur dan konsep waktu
C. Waktu menentukan bekerjanya akal budi dan kesadaran
D. Waktu menjadi penentu utama perjalanan hidup manusia
E. Manusia membutuhkan waktu untuk menciptakan sejarah
Jawabannya: D. Waktu menjadi penentu utama perjalanan hidup manusia

34. Salah satu faktor yang menyebabkan sejarah tidak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia adalah....
A. Manusia merupakan penggerak sejarah
B. Sejarah merupakan ilmu yang mempelajari manusia
C. Manusia selalu mengalami perubahan di dalam kehidupannya
D. Sejarah selalu membahas kehidupan manusia dan lingkungannya
E. Sesuatu bisa dikatakan sebagai sejarah jika terdapat saksi dan bukti
Jawabannya: A. Manusia merupakan penggerak sejarah

35. Perhatikan pernyataan berikut.
Masa pendudukan Jepang di Indonesia terbilang singkat dari tahun 1942 sampai 1945, Namun, dampak yang ditumbulkan pemerintahan Jepang terhadap bangsa Indonesia sangat besar, b aik di bidang ekonomi, politik, sosial, maupun budaya. Contohnya, Jepang memperkenalkan program tonarigumi, yaitu suatu sistem pemerintahan tingkat bawah atau dasar. Sistem ini bertujuan melakukan pengawasan terhadap aktivitas masyarakat di desa-desa. Hingga kini, sistem tersebut masih berlaku dan lebih dikenal dengan rukun tetangga.

Berdasarkan informasi tersebut, dapat disimpulkan bahwa sejarah adalah....
A. Hanya menampilkan peristiwa-peristiwa besar
B. Ilmu yang dapat disimpulkan hanya dengan melihat satu peristiwa
C. Peristiwa sejarah dapat dibentuk sesuai dengan keinginan penguasa
D. Dalam setiap peristiwa sejarah terdapat tokoh-tokoh yang berpengaruh
E. Peristiwa pada masa lalu yang saling berkaitan dan memengaruhi masa berikutnya
Jawabannya: E. Peristiwa pada masa lalu yang saling berkaitan dan memengaruhi masa berikutnya

36. Kita mempelajari sejarah terutama karena sejarah....
A. Mengandung pelajaran-pelajaran berharga
B. Mengajarkan perbedaan antara ilmu dan pengetahuan
C. Membuat kita mengetahui kehidupan manusia pada masa lalu
D. Diamanatkan dan diwajibkan dalam kurikulum pendidikan nasional
E. Membuat kita mengenal perjalanan sebuah bangsa atau kebudayaan
Jawabannya: C. Membuat kita mengetahui kehidupan manusia pada masa lalu

37. Perhatikan aspek-aspek berikut:
1) Kesinambungan
2) Perkembangan
3) Pertumbuhan
4) Pengulangan
5) Sinkronik
Aspek-aspek yang berkaitan dengan konsep waktu dalam sejarah ditunjukkan nomor...
A. 1), 2), dan 3)
B. 1), 2), dan 4)
C. 2), 3), dan 5)
D. 2), 4), dan 5)
E. 3), 4), dan 5)
Jawabannya: B. 1), 2), dan 4)

38. Perhatikan informasi berikut.
Negara RIS bentukan Belanda pada tahun 1950 tidak dapat bertahan lama karena muncul tuntutan-tuntutan untuk kembali ke dalam bentuk NKRI sebagai perwujudan dari cita-cita Proklamasi 17 Agustus 1945. Gerakan menuju pembentukan NKRI mendapat dukungan yang kuat dari seluruh rakyat. Negara-negara bagian satu per satu menggabungkan diri dengan Negara Bagian Republik Indonesia. Hal ini menunjukkan bahwa konsep politik yang diusulkan Belanda memang tidak sesuai dengan kondisi politik di Indonesia. Oleh karena itu, konsep RIS tidak pernah lagi digunakan hingga saat ini.

Berdasarkan informasi tersebut, dapat disimpulkan bahwa sejarah dapat digunakan sebagai....
A. Solusi untuk memecahkan masalah politik saat ini
B. Tolak ukur kemajuan perpolitikan suatu bangsa melalui perjalanan sejarahnya
C. Pembelajaran untuk mencapai kondisi politik yang stabil dan sesuai dengan dasar negara
D. Senjata untuk menolak konsep politik asing yang tidak sesuai dengan falsafah hidup Indonesia
E. Sarana menemukan konsep-konsep politik yang dapat digunakan dan sesuai dengan masa mendatang
Jawabannya: E. Sarana menemukan konsep-konsep politik yang dapat digunakan dan sesuai dengan masa mendatang

39. Hal yang bukan merupakan manfaat mempelajari sejarah adalah....
A. Lebih mengenal perkembangan bangsa sendiri
B. Menbuat berpikir kritis dan subjektif
C. Sebagai panduan moral dan politik
D. Meningkatkan rasa nasionalisme
E. Memperkokoh identitas bangsa
Jawabannya: D. Meningkatkan rasa nasionalisme

40. Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut.
1) Menghargai nilai-nilai perjuangan para pahlawan
2) Memahami budaya bangsa asing yang lebih superior
3) Menerapkan sikap bela tanah air sesuai dengan perkembangan zaman
4) Mengenal kemajuan teknologi yang dihasilkan bangsa asing
Manfaat mempelajari sejarah dalam kehidupan masa kini ditunjukkan oleh nomor....
A. 1) dan 2)
B. 1) dan 3)
C. 2) dan 3)
D. 2) dan 4)
E. 3) dan 4)
Jawabannya: B. 1) dan 3)


Lanjut ke soal nomor 41 - 50 = Contoh Soal Sejarah Kelas 10 PG (Bagian 5)

Soal dan Jawaban lainnya

Latihan Soal Kewirausahawan Pilihan Ganda

Soal Latihan Pilihan Ganda Bab Karakteristik Wirausahawan 1. Seorang wirausahawan dalam memutuskan sesuatu tidak boleh berubah-ubah, oleh...