Inilah Prediksi Soal-soal yang kemungkinan besar keluar di
Pelajaran Sejarah Kelas 10 Tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA).
Besar kemungkinan anda untuk mendapatkan nilai yang bagus
jauh lebih tinggi dan lebih besar dari teman kalian yang tidak belajar latihan
soal-soal ini.
Ini merupakan lanjutan dari Contoh Soal Sejarah Kelas 10 PG (Bagian 3)
Soal-Soal PG ini bisa anda jadikan referensi dalam menghadapi
soal Sejarah kelas 10 SMA yang sebenarnya.
Berikut dibawah ini adalah Contoh Soal Sejarah Kelas 10 PG Beserta
Jawabannya (Bagian 4), dimulai dari soal nomor 31 sampai dengan soal nomor 40.
31. Kata sejarah diserap
dari bahasa...
A. Perancis
B. Melayu
C. Inggris
D. Turki
E. Arab
Jawabannya: E. Arab
32. Perhatikan pernyataan berikut.
Sejarah tidak berkembang ke arah depan dengan tujuan yang pasti, tetapi
bergerak seperti garis lingkaran yang tinggi rendahnya diakibatkan oleh keadaan
manusia.
Pernyataan tersebut adalah pengertian sejarah menurut sejarawan, yaitu....
A. Thomas Carlyle
B. Ibnu Khaldun
C. Aristoteles
D. Herodotus
E. Plato
Jawabannya: D. Herodotus
33. Selain manusia dan
ruang, waktu merupakan unsur penting lain dalam sejarah. Waktu menjadi unsur
dan konsep penting dalam sejarah karena...
A. Sejarah manusia
berlangsung dalam waktu tertentu
B. Hanya manusia yang
memiliki unsur dan konsep waktu
C. Waktu menentukan
bekerjanya akal budi dan kesadaran
D. Waktu menjadi penentu
utama perjalanan hidup manusia
E. Manusia membutuhkan waktu
untuk menciptakan sejarah
Jawabannya: D. Waktu menjadi penentu utama perjalanan hidup manusia
34. Salah satu faktor yang
menyebabkan sejarah tidak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia adalah....
A. Manusia merupakan
penggerak sejarah
B. Sejarah merupakan ilmu
yang mempelajari manusia
C. Manusia selalu mengalami
perubahan di dalam kehidupannya
D. Sejarah selalu membahas
kehidupan manusia dan lingkungannya
E. Sesuatu bisa dikatakan
sebagai sejarah jika terdapat saksi dan bukti
Jawabannya: A. Manusia merupakan penggerak sejarah
35. Perhatikan pernyataan
berikut.
Masa pendudukan Jepang di
Indonesia terbilang singkat dari tahun 1942 sampai 1945, Namun, dampak yang
ditumbulkan pemerintahan Jepang terhadap bangsa Indonesia sangat besar, b aik
di bidang ekonomi, politik, sosial, maupun budaya. Contohnya, Jepang
memperkenalkan program tonarigumi,
yaitu suatu sistem pemerintahan tingkat bawah atau dasar. Sistem ini bertujuan
melakukan pengawasan terhadap aktivitas masyarakat di desa-desa. Hingga kini,
sistem tersebut masih berlaku dan lebih dikenal dengan rukun tetangga.
Berdasarkan informasi
tersebut, dapat disimpulkan bahwa sejarah adalah....
A. Hanya menampilkan
peristiwa-peristiwa besar
B. Ilmu yang dapat
disimpulkan hanya dengan melihat satu peristiwa
C. Peristiwa sejarah dapat
dibentuk sesuai dengan keinginan penguasa
D. Dalam setiap peristiwa
sejarah terdapat tokoh-tokoh yang berpengaruh
E. Peristiwa pada masa lalu
yang saling berkaitan dan memengaruhi masa berikutnya
Jawabannya: E. Peristiwa pada masa lalu yang saling berkaitan dan
memengaruhi masa berikutnya
36. Kita mempelajari sejarah
terutama karena sejarah....
A. Mengandung
pelajaran-pelajaran berharga
B. Mengajarkan perbedaan
antara ilmu dan pengetahuan
C. Membuat kita mengetahui
kehidupan manusia pada masa lalu
D. Diamanatkan dan
diwajibkan dalam kurikulum pendidikan nasional
E. Membuat kita mengenal
perjalanan sebuah bangsa atau kebudayaan
Jawabannya: C. Membuat kita mengetahui kehidupan manusia pada masa lalu
37. Perhatikan aspek-aspek
berikut:
1) Kesinambungan
2) Perkembangan
3) Pertumbuhan
4) Pengulangan
5) Sinkronik
Aspek-aspek yang berkaitan
dengan konsep waktu dalam sejarah ditunjukkan nomor...
A. 1), 2), dan 3)
B. 1), 2), dan 4)
C. 2), 3), dan 5)
D. 2), 4), dan 5)
E. 3), 4), dan 5)
Jawabannya: B. 1), 2), dan 4)
38. Perhatikan informasi
berikut.
Negara RIS bentukan Belanda
pada tahun 1950 tidak dapat bertahan lama karena muncul tuntutan-tuntutan untuk
kembali ke dalam bentuk NKRI sebagai perwujudan dari cita-cita Proklamasi 17
Agustus 1945. Gerakan menuju pembentukan NKRI mendapat dukungan yang kuat dari
seluruh rakyat. Negara-negara bagian satu per satu menggabungkan diri dengan
Negara Bagian Republik Indonesia. Hal ini menunjukkan bahwa konsep politik yang
diusulkan Belanda memang tidak sesuai dengan kondisi politik di Indonesia. Oleh
karena itu, konsep RIS tidak pernah lagi digunakan hingga saat ini.
Berdasarkan informasi
tersebut, dapat disimpulkan bahwa sejarah dapat digunakan sebagai....
A. Solusi untuk memecahkan
masalah politik saat ini
B. Tolak ukur kemajuan
perpolitikan suatu bangsa melalui perjalanan sejarahnya
C. Pembelajaran untuk
mencapai kondisi politik yang stabil dan sesuai dengan dasar negara
D. Senjata untuk menolak
konsep politik asing yang tidak sesuai dengan falsafah hidup Indonesia
E. Sarana menemukan
konsep-konsep politik yang dapat digunakan dan sesuai dengan masa mendatang
Jawabannya: E. Sarana menemukan konsep-konsep politik yang dapat
digunakan dan sesuai dengan masa mendatang
39. Hal yang bukan merupakan manfaat mempelajari
sejarah adalah....
A. Lebih mengenal perkembangan
bangsa sendiri
B. Menbuat berpikir kritis
dan subjektif
C. Sebagai panduan moral dan
politik
D. Meningkatkan rasa
nasionalisme
E. Memperkokoh identitas
bangsa
Jawabannya: D. Meningkatkan rasa nasionalisme
40. Perhatikan
pernyataan-pernyataan berikut.
1) Menghargai nilai-nilai
perjuangan para pahlawan
2) Memahami budaya bangsa
asing yang lebih superior
3) Menerapkan sikap bela
tanah air sesuai dengan perkembangan zaman
4) Mengenal kemajuan
teknologi yang dihasilkan bangsa asing
Manfaat mempelajari sejarah
dalam kehidupan masa kini ditunjukkan oleh nomor....
A. 1) dan 2)
B. 1) dan 3)
C. 2) dan 3)
D. 2) dan 4)
E. 3) dan 4)
Jawabannya: B. 1) dan 3)
Lanjut ke soal nomor 41 - 50 = Contoh Soal Sejarah Kelas 10 PG (Bagian 5)