Inilah Prediksi Soal-soal yang kemungkinan besar keluar di
Pelajaran Sejarah Kelas 10 Tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA).
Besar kemungkinan anda untuk mendapatkan nilai yang bagus
jauh lebih tinggi dan lebih besar dari teman kalian yang tidak belajar latihan
soal-soal ini.
Ini merupakan lanjutan dari Contoh Soal Sejarah Kelas 10 PG (Bagian 6)
Soal-Soal PG ini bisa anda jadikan referensi dalam menghadapi
soal Sejarah kelas 10 SMA yang sebenarnya.
Berikut dibawah ini adalah Contoh Soal Sejarah Kelas 10 PG Beserta
Jawabannya (Bagian 7), dimulai dari soal nomor 61 sampai dengan soal nomor 70.
61. Pernyataan berikut yang
tepat terkait dengan metode penelitian sejarah adalah....
A. Instrumen peneliti dalam
proses merumuskan langkah-langkah penelitian
B. Bertujuan menyingkapkan
fakta, tanggal, dan urutan peristiwa sejarah
C. Hanya alat untuk
menyingkapkan makna peristiwa sejarah
D. Langkah pendahuluan dari
setiap penelitian sejarah
E. Merupakan sebuah proses
rekonstruksi sejarah
Jawabannya: B. Bertujuan menyingkapkan fakta, tanggal, dan urutan
peristiwa sejarah
62. Metode penelitian
sejarah memiliki langkah-langkah yang harus ditempuh sehingga akhirnya
menghasilkan karya tulis ilmiah. Akan tetapi, sebelum memulai langkah-langkah
penelitian sejarah itu, kita harus terlebih dahulu melakukan...
A. Menentukan topik dan tema
penelitian
B. Mendata sumber yang akan
digunakan
C. Melakukan survei ke lokasi
situs sejarah
D. Menemukan rencana
penelitian
E. Menentukan anggaran
proyek penelitian
Jawabannya: A. Menentukan topik dan tema penelitian
63. Vivi pergi mengunjungi
pespustakaan Kota Bogor untuk mencari buku tentang sejarah kota Bogor.
Selanjutnya, Vivi juga mengunjungi Museum Perjuangan Kota Bogor untuk melihat
berbagai koleksi benda sejarah Kota Bogor. Vivi menemukan beberapa catatan
koran lama yang memuat berita tentang Kota Bogor masa revolusi. Vivi mencatat
semua informasi di meseum tersebut. Kegiatan yang Vivi lakukan termasuk ke dalam
salah satu tahapan dalam metode sejarah, yaitu....
A. Heuristik
B. Kritik
C. Verifikasi
D. Interprestasi
E. Hitoriograf
Jawabannya: A. Heuristik
64. Perhatikan pernyataan
dari jenis-jenis data berikut.
1) Ulasan penelitian
2) Artefak
3) Ensiklopedia
4) Saksi Sejarah
5) Koran
6) Rekaman atau catatan
7) Buku teks
8) Wawancara langsung
9) Fosil
Data atau sumber primer
ditunjukkan oleh nomor....
A. 1), 3), 5), dan 7)
B. 2), 4), 6), dan 9)
C. 3), 4), 7), dan 9)
D. 4), 5), 6), dan 7)
E. 6), 7), 8), dan 9)
Jawabannya: B. 2), 4), 6), dan 9)
65. Perhatikan pernyataan
dari jenis-jenis data berikut.
1) Ulasan penelitian
2) Artefak
3) Ensiklopedia
4) Saksi Sejarah
5) Koran
6) Rekaman atau catatan
7) Buku teks
8) Wawancara langsung
9) Fosil
Data sekunder ditunjukkan
oleh nomor....
A. 1), 3), 5), dan 7)
B. 2), 4), 6), dan 9)
C. 3), 4), 7), dan 9)
D. 4), 5), 6), dan 7)
E. 6), 7), 8), dan 9)
Jawabannya: A. 1), 3), 5), dan 7)
66. Jika Sumber Primer
bersifat X, sedangkan Sumber Sekunder bersifat Y. Maka X dan Y adalah....
A. X bernilai lebih tinggi dan dapat dipercaya, sedangkan Y bernilai lebih rendah dan kurang dipercaya
B. X bernilai lebih tinggi dan mudah dipercaya, sedangkan Y bernilai lebih rendah dan sulit dipercaya
C. X bernilai lebih rendah dan dapat dipercaya, sedangkan Y bernilai lebih tinggi dan kurang dipercaya
D. X bernilai lebih tinggi dan dapat dipercaya, sedangkan Y bernilai sama dan kurang
dipercaya
E. X bernilai lebih baik dan dapat dipercaya, sedangkan Y bernilai kurang baik dan kurang dipercaya
Jawabannya: D. X bernilai lebih tinggi
dan dapat dipercaya, sedangkan Y
bernilai sama dan kurang dipercaya
67. Alasan utama
dilakukannya uji keaslian dan validitas data dan sumber sejarah dalam
penelitian sejarah adalah...
A. Agar hasil penelitian
orisinil dan valid
B. Memnuhi kaidah ilmu dalam
penelitian
C. Meningkatkan reputasi
peneliti dalam komunitas ilmiah
D. Menghindari bias, prasangka,
atau kepentingan tertentu pada data
E. Memudahkan peneliti
beralih ke langkah selanjutnya dalam penelitian
Jawabannya: D. Menghindari bias, prasangka, atau kepentingan tertentu
pada data
68. Berikut yang tidak termasuk kategori fakta lunak
adalah....
A. Letak Kerajaan Sriwijaya
B. Asal-usul nenek moyang
bangsa Indonesia
C. Tempat pelaksanaan
proklamasi kemerdekaan Indonesia
D. Kehidupan manusia purba
pada zaman es
E. Kehidupan sehari-hari Homo Florosiensis
Jawabannya: C. Tempat pelaksanaan proklamasi kemerdekaan Indonesia
69. Tahap interprestasi
merupakan tahapan ketika semua data yang telah diuji kebenarannya akan
dilakukan penafsiran oleh sejarawan. Proses ini sering kali menimbulkan
subjektivitas. Adapun upaya yang dilakukan dalam proses interprestasi agar
tetap objektif dilakukan melalui dua cara, yaitu...
A. Sintesis dan Generalisasi
B. Analisis dan Sistesis
C. Analisis dan Generalisasi
D. Sintesis dan Fungsional
E. Fungsional dan Analisis
Jawabannya: B. Analisis dan Sistesis
70. Perhatikan pernyataan
berikut.
1) Mewawancarai lebih dari
dua orang
2) Menjadikan satu tokoh
sebagai narasumber terpenting
3) Melakukan reka ulang
peristiwa sejarah berdasarkan sumber
4) Mencari arsip-arsip dari
pihak-pihak yang terlibat dalam satu peristiwa sejarah
5) Memeriksa kembali
kebenaran suatu sumber baik bahan maupun informasinya
Hal-hal yang dapat dilakukan
untuk menghindari subjektivitas dalam penulisan sejarah ditunjukkan oleh
nomor...
A. 1), 2), dan 3)
B. 1), 2), dan 4)
C. 1), 3), dan 4)
D. 2), 3), dan 4)
E. 3), 4), dan 5)
Jawabannya: E. 3), 4), dan 5)
Lanjut ke soal nomor 71 - 80 = Contoh Soal Sejarah Kelas 10 PG (Bagian 8)