Besar kemungkinan anda untuk mendapatkan nilai yang bagus
jauh lebih tinggi dan lebih besar dari teman kalian yang tidak belajar latihan
soal-soal ini.
Ini merupakan lanjutan dari Contoh Soal Sejarah Kelas 10 PG (Bagian 2)
Soal-Soal PG ini bisa anda jadikan referensi dalam menghadapi
soal Sejarah kelas 10 SMA yang sebenarnya.
Bab ini berisikian materi tentang "Manusia dan Sejarah"
Bab ini berisikian materi tentang "Manusia dan Sejarah"
Berikut dibawah ini adalah Contoh Soal Sejarah Kelas 10 PG Beserta
Jawabannya (Bagian 3), dimulai dari soal nomor 21 sampai dengan soal nomor 30.
21. Dengan sejarah, kita
mengenal bangsa-bangsa terdahulu, terutama segi moral politik para penguasa.
Pernyataan tersebut diungkapkan oleh...
A. Ir. Soekarno
B. Winston Chruchill
C. Cicero (Orator zaman
romawi)
D. Ibnu Khaldun
E. Moh.Hatta
Jawabannya: D.
Ibnu Khaldun
22. “Historia magistra vitae est” adalah bahasa Yunani yang artinya...
A. Sejarah adalah masa lalu
B. Sejarah adalah mata pelajaran
di sekolah
C. Sejarah adalah pengalaman
terbaik
D. Sejarah adalah Kisah
Hidup
E. Sejarah adalah Guru
Kehidupan
Jawabannya: E.
Sejarah adalah Guru Kehidupan
23. “Historia magistra vitae est” adalah ungkapan yang dikemukakan
oleh....
A. Ir. Soekarno
B. Winston Chruchill
C. Cicero (Orator zaman
romawi)
D. Ibnu Khaldun
E. Moh.Hatta
Jawabannya: C.
Cicero (Orator zaman romawi)
24. Kata indie voor indiers memiliki arti....
A. Indonesia untuk Orang
Indonesia
B. India untuk Orang India
C. Inggris untuk Orang
Inggris
D. Irlandia untuk Orang
Irlandia
E. Perjuangan bersenjata
Jawabannya: A.
Indonesia untuk Orang Indonesia
25. Berikut ini yang bukan manfaat kehidupan masa lalu
manusia untuk kehidupan masa kini adalah...
A. Sebagai Panduan Moral dan
Politik
B. Sarana mengenal lebih
dekat bangsa sendiri dan bangsa-bangsa lain
C. Memperkokoh identitas
bangsa
D. Melatih berpikir
diakronik, sinkronik, holistik, dan multiperspektif
E. Sebagai bahan renungan
kesedihan atas masa buruk dimasa lalu
Jawabannya: E.
Sebagai bahan renungan kesedihan atas masa buruk dimasa lalu
26. Sejarah menurut KBBI
adalah....
A. Ilmu yang mempelajari
kehidupan masa lalu
B. Peristiwa yang sudah
pernah terjadi
C. Kejadian yang akan
terjadi
D. Ilmu mempelajari tentang
kondisi sosial masa lampau
E. Ilmu pengetahuan yang
mempelajari segala peristiwa atau kejadian penting yang telah terjadi pada masa
lampau dalam kehidupan umat manusia.
Jawabannya: E.
Ilmu pengetahuan yang mempelajari segala peristiwa atau kejadian penting yang
telah terjadi pada masa lampau dalam kehidupan umat manusia.
27. Unsur-unsur pokok
sejarah adalah...
A. Masa Lampau,
Perkembangan, dan Masa Kini
B. Sosial, Geografis,
Politik
C. Ruang, Waktu, dan Manusia
D. Perang, Kehancuran,
Kerajaan
E. Ruang, Gaya hidup, dan
Waktu
Jawabannya: C.
Ruang, Waktu, dan Manusia
28. Tujuan berpikir
diakronik dalam belajar sejarah adalah untuk....
A. Mencari kebenaran suatu
peristiwa sejarah
B. Menghindari anakronisme
sejarah
C. Menyeleksi berbagai
peristiwa
D. Membuat urutan-urutan
peristiwa berdasarkan tahun kejadiannya
E. Mengelompokkan berbagai
peristiwa sejarah
Jawabannya: D.
Membuat urutan-urutan peristiwa berdasarkan tahun kejadiannya
29. Tujuan berpikir holistik
(Menyeluruh) dalam belajar sejarah adalah untuk...
A. Mengetahui pemicu suatu
kejadian yang tak seharusnya terjadi
B. Melihat peristiwa dalam
konteks yang besar dan menggunakan banyak sudut pandang
C. Melihat kemungkinan
penyebab suatu peristiwa besar
D. Agar bisa mengetahui
kondisi dunia pada saat itu
E. Agar tak ada satupun kejadian
yang terlewatkan
Jawabannya: B.
Melihat peristiwa dalam konteks yang besar dan menggunakan banyak sudut pandang
30. Pemikiran holistik
terhadap Candi borubudur membuktikan bahwa para pendahulu kita...
A. Memiliki tingkat
kerjasama yang tinggi dengan India
B. Sebagai situs warisan
sejarah UNESCO
C. Menganut ajaran
Hindu-Buddha
D. Mempunyai jiwa seni yang
tinggi
E. Mempunyai peradaban yang
maju
Jawabannya: E.
Mempunyai peradaban yang maju
Lanjut ke soal nomor 31 - 40 = Contoh Soal Sejarah Kelas 10 PG (Bagian 4)