Hai sobat, bagaimana kabarnya? semoga baik-baik saja. Apakah anda merasa cara berjualan anda kurang membuahkan hasil? atau Apakah Barang anda banyak yang tidak laku? atau Apakah anda mendapatkan kerugian dari penjualan anda?
Jangan Pesimis dulu, cobalah merubah teknik berjualan anda sesuai kondisi anda, mungkin saja bisa mendapatkan keuntungan yang lebih bermanfaat dari barang barang yang anda jual. Berikut ini teknik berjualan yang baik:
1. Tersenyumlah Kepada Semua Orang Yang Ditemui
Mungkin anda berpikir untuk apa terus tersenyum? Nyatanya senyum merupakan senjata paling ampuh untuk menarik minat pengunjung untuk membeli. Dengan tersenyum orang lain merasa bahwa ada sesuatu membuat dirinya lebih bahagia, dan bisa jadi dia akan berkunjung kembali.
Manfaat tersenyum untuk diri kita sendiri adalah memperlambat penuaan dan manfaat bagi orang lain adalah merasakan lebih bahagianya tempat itu dibandingkan dengan tempat yang lainnya, Hasilnya adalah mereka akan lebih senang berada didekat orang yang bahagia dan tersenyum.
2 Bersikap ramah dan sopan serta bersemangat
Sekarang bayangkan jika penjual suatu barang itu suaranya keras, galak, dan menakutkan! Apakah ada dari produknya yang terjual? Kemungkinannya sangat kecil ya.. Sungguh kasihan melihat mereka yang berjualan namun hanya untuk mendapatkan uang tetapi bukan sumber uang.
Sekarang bayangkan jika penjual tersebut bersikap ramah dan sopan namun tidak bersemangat! Apakah yang terjadi? Jelas sekali barang yang terjual hanya sedikit.. Ingat segala sesuatu yang dikerjakan dengan tidak bersemangat tidak akan menghasilkan sesuatu yang memuaskan.
Sekarang bayangkan seorang penjual yang sopan, ramah dan bersemangat dalam melakukan penjualannya! Apakah hasil yang dia dapatkan? Jelas sekali akan banyak yang laku terjual. Bersemangat diperlukan namun jangan terlalu bersemangat, jika anda terlalu bersemangat maka pembeli akan merasa risih dan tidak mau membeli barang anda lagi di lain kesempatan.
3. Bila ada Pengunjung yang lewat, Ucapkanlah sesuatu tentang produk kita
Mungkin banyak orang yang melewati tempat anda, namun apakah setiap orang yang melewati tempat anda itu tahu apakah anda berjualan disitu dengan barang jualan itu? Tidak semua orang mengetahuinya, Oleh karena itu beritahukanlah kepada mereka
Misalnya, Jika anda adalah penjual ayam dan ingin ada yang membeli maka anda harus memulai dengan memberitahukan kepada semua orang yang lewat bahwa ditempat ini ada penjual ayam beserta ayamnya yang mungkin banyak atau sangat bagus ayamnya.
Dengan demikian, anda mendapatkan suatu peluang yaitu semakin banyak orang yang mengetahui tempat anda dan menyebarluaskan informasi tentang keberadaan anda, lalu semakin besarlah peluang anda mendapatkan pengunjung dan pembeli barang dagangan anda.
4. Rayulah pengunjung itu hingga dia mau membeli, namun jangan sampai anda menyinggungnya
Jika ada beberapa pengunjung yang mengunjungi tempat anda, rayulah mereka agar mereka mau membeli barang anda. Namun jika dia tidak jadi membeli, janganlah anda menyinggungnya dengan kata yang tidak enak didengar.
Buatlah mereka agar lainkali dilain kesempatan untuk berkunjung lagi ketempat anda walaupun hanya sekedar melihat-lihat. Jadikan pengunjung itu relasi anda. Ingat, anda akan mendapatkan keuntungan lebih jika anda punya relasi yang bagus dan banyak daripada mempunyai segelintir pembeli yang sekedar membeli.
5. Bersabarlah walaupun banyak orang yang lewat namun belum ada yang membeli
Disini anda harus menahan emosi dan tetaplah bersabar. Saya sebagai penjual ayam mengalami banyak kejadian yang seperti itu. Walaupun di pasar banyak orang yang berbelanja, walaupun penjual yang lain sudah banyak pembelinya, walaupun anda berusaha dengan keras. Tetaplah Bersabar dan semuanya indah pada waktunya.
Dengan bersabar anda menguji diri anda sendiri dan saat saat inilah anda harus mempersiapkan diri anda jika saat saat selanjutnya berubah drastis, saat pengunjung hendak membeli dan anda sudah siap maka pengunjung akan membeli dan dia akan merasakan keistimewaan tempat anda.
6. Bila mendapatkan pengunjung yang hendak membeli, layanilah dia dengan sebaik mungkin
Pengunjung yang hendak membeli harus anda prioritaskan karena dialah sumber terjualnya barang atau produk anda. Dengan melayaninya sebaik mungkin maka kita memberikan perhatian kepadanya, lalu dia akan senang hati untuk membeli suatu produk kita.
Mungkin sifat-sifat pengunjung sangat berbeda dengan kita, namun jangan sampai kita terpancing keadaan. Bagaimanapun juga kita harus melayani dengan sebaik mungkin, dan dengan mengendalikan keadaan seperti itu, maka saya jamin kita bisa melakukan yang terbaik untuk pembeli dan bisa jadi dia menjadi pelanggan kita.