Media Promosi
Promosi adalah kata yang seringkali kita lihat dan kita dengar di sekitar kita, tetapi masyarakat banyak mungkin belum tahu dengan jelas secara keseluruhan tentang promosi itu sendiri.
Didalam promosi itu ada pengertian promosi, jenis-jenis promosi, dan tujuan promosi, serta contoh-contoh nyata mengenai promosi itu sendiri. Dalam artikel ini akan dijelaskan secara rinci tentang promosi, yuk simak pembahasannyapembahasannya
Pengertian Promosi
Promosi adalah memberikan informasi suatu produk atau merek kepada khalayak banyak, menghasilkan penjualan, dan menciptakan loyalitas merek produk atau brand.
Promosi merupakan salah satu empat elemen dasar dalam pemasaran, 4 elemen dasar tersebut adalah Harga, Produk, Promosi dan Tempat.
Promosi adalah metode komunikasi yang digunakan orang untuk memberikan informasi tentang produknya, bisa bersifat verbal maupun visual.
Menurut ahli pemasaran Harper Boyd, promosi diartikan sebagai upaya membujuk orang untuk menerima produk, konsep, dan gagasan.
Sedangkan menurut pakar pemasaran lainnya yaitu Roone dan Kortz, promosi adalah proses menginformasikan, membujuk, dan mempengaruhi suatu keputusan pembelian.
Tujuan Promosi
Orang yang melakukan sesuatu pasti punya tujuan tertentu, begitulah promosi. Adapun tujuan promosi:
1. Untuk menyebarluaskan informasi suatu produk kepada calon konsumen yang potensial
2. Untuk mendapatkan konsumen baru dan untuk menjaga loyalitas konsumen tersebut.
3. Untuk menaikkan penjualan serta laba atau keuntungan.
4. Untuk membedakan dan mengunggulkan produknya dibanding dengan produk kompetitor.
5. Untuk branding atau membentuk citra produk dimata konsumen sesuai yang diinginkan
6. Untuk merubah tingkah laku dan pendapat konsumen tentang suatu produk.
Jenis-Jenis Promosi
1. Promosi secara fisik
Promosi secara fisik adalah promosi yang terjun langsung ke konsumen untuk menyebarluaskan produknya dan biasanya dilakuka pada acara-acara tertentu yang diadakan di suatu tempat seperti pameran, bazar, festival, konser, dan semacamnya. Biasanya para penjual membuka semacam "stand" atau "booth" untuk menampilkan dan menawarkan produk atau jasanya.
Kelebihan promosi secara fisik adalah dapat menjangkau langsung para calon konsumen. Sedangkan kekuranan promosi secara fisik adalah sangat terbatasnya jumlah calon konsumen karena hanya diadakan dilingkungan atau area tertentu.
2. Promosi melalui media teknologi informasi dan komunikasi
Promosi ini memanfaatkan media teknologi sebagai tujuannya. Biasanya yang dipakai adalah media cetak seperti koran, majalah, tabloid dan semacamnya, dan media elektronik seperti radio, TV dan internet, serta media diluar ruangan seperti papan reklame dan iklan barner.
Kelebihannya adalah dapat menjangkau lebih banyak calon konsumen dan jangkauan medianya sangat luas. Namun kekurangannya adalah membutuhkan biaya yang sangat besar, karena melibatkan media massa dan lain sebagainya.
Soal dan Jawaban lainnya
Latihan Soal Kewirausahawan Pilihan Ganda
Soal Latihan Pilihan Ganda Bab Karakteristik Wirausahawan 1. Seorang wirausahawan dalam memutuskan sesuatu tidak boleh berubah-ubah, oleh...
-
41. Media masa memberitakan pelaku korupsi kepada pelaku sehingga pelaku memperoleh sanksi sosial dari pemberitaan tersebut. Hal tersebut a...
-
Hai sobat, kali ini kita akan membahas secara lengkap tentang Statifikasi Sosial sampai Mobilitas Sosial. Yuk, Langsung saja ke pembahasann...
-
1. Hal yang dimaksud sosiologi bersifat nonetis sebagai ilmu pengetahuan tentang masyarakat adalah... A. Tidak memberikan sanksi secara ...