7 Cara Menggunakan Waktu Dengan Baik

7 Cara Menggunakan Waktu Dengan Baik


          Hai teman-teman, masih bingung kenapa waktu yang kalian gunakan terbuang sia-sia.                 Pernahkah anda bertanya dalam benak anda? Banyak waktu yang sudah saya gunakan, namun tak ada hasil yang menjanjikan. Disinilah terletak Perbedaan antara Orang Sukses dan Orang Gagal dimulai dari waktu.

Mau tau caranya supaya dapat mengatur waktu dengan baik? Lakukan poin penting ini :

1.  Menemukan Sebab Terhamburnya waktu.
          Faktor penting pertama ini adalah faktor yang sangat penting. Coba intropeksi diri anda, menurut anda kegiatan apa yang kalian lakukan yang menghamburkan waktu? misalnya terlalu banyak telepon, banyak mengobrol hal yang tak berguna, berbicara terlalu banyak, dll.
          Cobalah sekarang anda membuat catatan laporan diselembar kertas tentang apapun yang menurut anda sebagai penyebab banyaknya waktu yang terbuang percuma.
          Setelah itu, sekarang cobalah perhatikan dan renungkan baik-baik semua yang sudah anda tulis tentang kegiatan anda. Masihkah hingga sekarang anda melakukan kegiatan itu?
          Saya sarankan kegiatan tersebut anda hentikan SEKARANG JUGA!   Ubahlah kebiasaan tersebut, karena itu tidak bisa membawa manfaat sedikitpun kepada anda.

2.  Mencoba membedakan faktor terhamburnya waktu dari luar dan dari dalam
          Kalau seandainya anda sudah membuat daftar tadi, namun tidak menggolongkannya dan membedakannya maka anda tidak akan dapat melihat mana faktor penghamburan waktu yang sengaja dan tidak disengaja.
          Jika lebih banyak faktor dari luar, berarti anda harus membuat suatu jadwal disiplin waktu. Hal ini bertujuan agar anda tidak melakukan kesalahan yang sama.
          Sedangkan jika lebih banyak faktor dari dalam, berarti anda harus merubah diri anda mulai dari mengendalikan diri sendiri, karena dengan mengendalikan diri anda sendiri maka dipastikan hidup anda akan anda kelola dengan baik dibandingkan sebelumnya.

3. Buatlah Jadwal mulai dari Terpenting hingga bagian yang Kurang Penting
          Saya terangkan anda harus membuat yang pentingnya dulu, lalu membuat daftar yang kurang penting. Hal ini bertujuan agar anda bisa mementingkan prioritas dan agar anda bisa berfokus melakukan prioritas hingga tugas prioritas selesai.
          Bagian yang kurang penting yang aturlah ulang dan bila anda tidak mau mengerjakannya, kembalikanlah wewenang tersebut kepada orang tersebut. Hal ini bertujuan agar anda tidak menghabiskan waktu anda untuk hal yang kurang berguna.
          Ingatlah bahwa anda harus membuang hal yang TIDAK PENTING! Hal ini harus anda lakukan agar anda bisa berfokus dengan baik.

4. Buanglah Kebiasaan Buruk Anda
          Setiap Orang punya kebiasaan buruk, namun setiap orang berhak menentukan apakah terus melanjutkannya atau membuangnya jauh-jauh. Jika saya adalah saudara kandung anda, maka saya akan berkata "BUANGLAH KEBIASAAN BURUK ITU SEKARANG JUGA!
          Kalau anda mau mempergunakan waktu anda dengan baik, anda harus melakukan kebiasaan yang baik dan benar. Tujuannya adalah agar anda bisa mendapat hasil yang maksimal dari waktu yang sudah anda gunakan.
          Laksanakanlah Kebiasaan yang baru ini dengan itikad yang kuat, Laksanakanlah kebiasaan baru secara rutin dan teratur. Buktikan hal ini dan rasakan manfaatnya!

5. Jujurlah kepada diri anda sendiri
          Kebanyakan orang yang gagal meraih kesuksesannya dalam bidang apapun adalah mereka yang tidak jujur terhadap diri mereka sendiri. Mereka menyangkal hidup mereka, mereka tidak mau jujur kepada hati dan pikirannya atas setiap tindakan yang telah dilakukannya
          Cobalah lakukan Sifat yang baru ini, dan jika anda sudah berhasil melakukannya, maka anda harus jujur ke orang lain tentang segala hal.
          Ingat JUJUR DAN RAHASIA DAN RENDAH HATI ITU BERBEDA! Rahasia adalah sesuatu yang tidak diketahui banyak orang dan Rendah hati adalah sifat hati manusia untuk tidak sombong.
          Bila anda sudah melakukan hal ini, saya rasa anda siap untuk menjadi Orang Sukses.

6. LAKUKAN BANYAK KESALAHAN, TAPI JANGAN MENGULANGINYA
          Banyak Orang selalu melakukan banyak kesalahan, dan mengulanginya lagi. Termasuk Saya, Anda, dan Mereka. Setiap orang pasti melakukan kesalahan, namun itu semua bergantung kepada mereka, apakah mereka akan mengulanginya lagi atau tidak?
          Menurut Penelitian, Setiap orang yang mengulangi kesalahannya lagj itu mempergunakan 20% waktunya untuk berbuat kesalahan yang itu lagi. Oleh sebab itu, saya tekankan kepada anda Jangan mengulagi kesalahan yang sama lagi.
          Buatlah suatu catatan yang hanya berisi tentang kesalahan anda dan buatlah angka untuk menandai berapa kali anda mengulagi perbuatan itu lagi.
          Biasanya orang yang sudah melakukan intropeksi kelakuannya cenderung mengefektifkan 20% waktunya tadi untuk kegiatan yang lebih bermanfaat bagi masa depannya.

7.  Bedakanlah Waktu Kerja dan Waktu Pribadi
          Waktu yang digunakan terlalu lama untuk kerja bukanlah cara kerja yang baik. Bekerja terlalu lama itu bisa membahayakan diri sendiri.           Fakta Penelitian menunjukkan kapasitas seorang bekerja untuk hasil produktif hanyalah 8 jam, jika lebih dari itu maka produktifitasnya menurun drastis. Oleh Sebab itu, Kerjakanlah segala pekerjaan sebaik mungkin dalam 8 jam waktu produktif anda.
          Jika waktu kerja anda sudah selesai, maka gunakanlah waktu pribadi anda sebaik mungkin.
          Fakta menunjukkan jika orang yang menggunakan waktu pribadi dengan baik maka bisa meningkatkan produktivitas kerjanya hingga 50%. Pengaruh tersebut dikarenakan perasaan bahagia saat bekerja dan adanya semangat yang tinggi serta kegairahan bekerja membuat orang tersebut bisa bekerja secara maksimal.
          Ingat, Jangan melebihi waktu yang sudah ditentukan, baik itu oleh anda maupun oleh perusahaan ataupun keluarga.


        Itulah bagaimana caranya menggunakan waktu dengan baik, Jika anda dapat melakukan setiap saran diatas, saya yakin pekerjaan anda dapat menjadi kunci kesuksesan anda. Semoga Bermanfaat dan Terima Kasih.

Soal dan Jawaban lainnya

Latihan Soal Kewirausahawan Pilihan Ganda

Soal Latihan Pilihan Ganda Bab Karakteristik Wirausahawan 1. Seorang wirausahawan dalam memutuskan sesuatu tidak boleh berubah-ubah, oleh...