31. Kewenangan propinsi dalam bidang penyuluhan pertanian adalah….
A. menyelenggarakan pendidikan dan latihan sumberdaya manusia aparat pertanian teknis fungsional ketrampilan dan diklat kejuruan tingkat menengah
B. menumbuhkembangkan kelompok tani dan diklat kejuruan tingkat menengah
C. pembinaan kepemimpinan petani, wanita tani, dan pemuda tani
D. pembinaan dan pengembangan kerjasama kemitraan petani, penyuluh pertanian,
peneliti, dan LSM
JAWABAN
A. menyelenggarakan pendidikan dan latihan sumberdaya manusia aparat pertanian
teknis fungsional ketrampilan dan diklat kejuruan tingkat menengah karena menyelenggarakan pendidikan dan latihan sumberdaya manusia aparat
pertanian teknis fungsional ketrampilan dan diklat kejuruan tingkat menengah
merupakan kewenangan propinsi dalam bidang penyuluhan pertanian
32. Rencana strategi penyuluhan pertanian yang berlaku di seluruh propinsi berisi….
A. rencana program penyuluhan yang mencakup seluruh instansi BPP
B. rencana pengembangan penyuluhan pertanian lima tahunan yang mencakup aspek kelembagaan, ketenagaan, penyelenggaraan, kerjasama, dan pembiayaan
C. rencana program lima tahunan yang memuat pengorganisasian dan pemanfaatan sumberdaya yang tersedia untuk memfasilitasi kegiatan penyuluhan di BPP
D. program tahunan yang memuat pengorganisasian dan pemanfaatan sumberdaya
tersedia untuk memfasilitasi kegiatan penyuluhan di kabupaten/kota
JAWABAN
B. rencana pengembangan penyuluhan pertanian lima tahunan yang mencakup aspek kelembagaan, ketenagaan, penyelenggaraan, kerjasama, dan pembiayaan karena rencana pengembangan penyuluhan pertanian lima tahunan yang mencakup aspek kelembagaan, ketenagaan, penyelenggaraan, kerjasama, dan pembiayaan merupakan isi renstra penyuluhan pertanian bagi seluruh propinsi.
33. Tugas penyelenggara penyuluhan pertanian propinsi adalah….
A. menyusun rencana penyuluhan desa
B. memfasilitasi penyelenggaraan penyuluhan di kabupaten/kota
C. memandu pengembangan jaringan petani antardesa
D. menetapkan pola karier penyuluhan pertanian
JAWABAN
B. memfasilitasi penyelenggaraan penyuluhan di kabupaten/kota
karena memfasilitasi penyelenggaraan penyuluhan di kabupaten/kota merupakan
tugas penyelenggara penyuluhan pertanian propinsi
34. Tujuan disusunnya programa penyuluhan pertanian di tingkat kecamatan adalah untuk memadukan aspirasi petani-nelayan dan masyarakat pertanian dengan potensi wilayah....
A. nasional
B. propinsi
C. kabupaten/kota
D. kecamatan
JAWABAN
D. kecamatan
programa penyuluhan pertanian tingkat kecamatan disusun untuk memadukan aspirasi petani-nelayan dan masyarakat pertanian
35. Ciri-ciri proses penyuluhan kemitraan (Prospek) adalah…. .
A. di setiap kota terdapat petani pemandu yang dipilih masyarakat
B. dana untuk kegiatan penyuluhan dikelola oleh dinas pertanian
C. kegiatan belajar petani berpusat di kota yang mendapat dukungan dari lembaga
penyuluhan, penelitian , perdagangan, industri dan pemerintah daerah
D. pengembangan agribisnis didasarkan atas usaha keluarga sebagai unit ekonomi
dasar
JAWABAN
D. pengembangan agribisnis didasarkan atas usaha keluarga sebagai unit ekonomi
dasar. pengembangan agribisnis didasarkan atas usaha keluarga sebagai unit ekonomi dasar
36. Kegiatan penyuluhan pertanian yang bertujuan untuk mengambil tindakan dengan cepat sebagai upaya untuk mengembalikan pada rencana semula adalah ….
A. pengumpulan data keadaan
B. analisis data keadaan
C. identifikasi data keadaan
D. pemantauan atau monitoring
JAWABAN
D. pemantauan atau monitoring
karena kegiatan penyuluhan pertanian yang bertujuan untuk mengambil tindakan
dengan cepat sebagai upaya untuk mengembalikan pada rencana semula merupakan pengertian pemantauan atau monitoring.
37. Laporan yang berisi latar belakang lengkap seorang penyuluh dan supervisor sangat diperlukan, karena dalam suatu laporan penyuluhan memuat nilai nyata….
A. perencanaan supervisi program
B. penaksiran supervisor atas penyuluh
C. latar belakang tenaga baru dan supervisor
D. bimbingan direktur atas program dan organisasi
JAWABAN
C. latar belakang tenaga baru dan supervisor
laporan latar belakang lengkap sangat diperlukan, agar dengan cepat dipelajari oleh supervisor
38. Program penyuluhan pertanian merupakan wujud nyata dari ....
A. perencanaan yang berasal dari kebijakan pemerintah pusat
B. aspirasi masyarakat dan pemerintah daerah
C. perpaduan perencanaan masyarakat pertanian dan program pemerintah
D. perubahan kondisi dan permasalahan pemerintah daerah
JAWABAN
C. perpaduan perencanaan masyarakat pertanian dan program pemerintah
karena programa penyuluhan pertanian merupakan wujud nyata dari perpaduan
perencanaan masyarakat pertanian dan program pemerintah; dan sebagai pelaku
utama berasal dari kalangan masyarakat petani sendiri
39. Dalam analisis data potensi wilayah tujuan diadakannya pertemuan perumusan pilihan pola usahatani adalah ...
A. Merumuskan data wilayah yang perlu dianalisis dengan menggunakan sistem
pakar
B. Membahas hasil analisis sistem pertanian dan pilihan jenis komoditas dan
membandingkannya dengan kondisi aktual
C. menganalisis pilihan komoditas dengan pertimbangan aspek sosial ekonomi,
aspirasi petani, dan keterkaitan serta keterpaduannya dengan program pembangunan pertanian yang ada di wilayah
D. menggali data dan informasi potensi wilayah yang dilakukan secara partisipatif
JAWABAN
C. menganalisis pilihan komoditas dengan pertimbangan aspek sosial ekonomi,
aspirasi petani, dan keterkaitan serta keterpaduannya dengan program pembangunan pertanian yang ada di wilayah karena dalam analisis data potensi wilayah tujuan diadakannya per temuan perumusan pilihan pola usahatani adalah untuk menganalisis pilihan komoditas dengan pertimbangan aspek sosial ekonomi, aspirasi petani, dan keterkaitan serta keterpaduannya dengan program pembangunan pertanian yang ada di wilayah.
40. Segala sesuatu yang dapat menghambat dan menghalangi tercapainya suatu tujuan kegiatan atau usahatani yang direncanakan dalam suatu programa penyuluhan adalah pengertian dari
A. perumusan tujuan
B. masalah
C. efektivitas kegiatan
D. intensitas pengembangan
JAWABAN
B. masalah
karena segala sesuatu yang dapat menghambat dan menghalangi tercapainya suatu tujuan kegiatan atau usahatani yang direncanakan dalam suatu programa penyuluhan adalah pengertian dari masalah