Trik Rahasia Menjadi Pintar Bagi Orang Malas

Trik Rahasia Menjadi Pintar Bagi Orang Malas
Anda tipe orang pemalas? Namun ingin pintar bukan?
Menjadi pintar adalah keinginan setiap orang bukan? Lalu mengapa hanya sedikit orang yang pintar?
Jelas sekali ini bahwa informasi ini sangat bermanfaat bagi anda.
Ini adalah trik rahasia yang digunakan oleh banyak orang yang pintar, yang tersembunyi namun saya ungkap sekarang untuk kalian semua.
Berbahagialah dirimu, karena tidak ada orang didunia ini yang bodoh. Hanya saja kemalasannya yang membuat dirinya terhambat untuk menjadi seorang yang pintar.
Langsung saja mari kita lihat trik rahasianya:

1. Salah satu ciri orang pintar adalah malas

Sekilas anda bertanya-tanya? Mengapa bisa demikian? Jawabannya adalah karena orang yang pintar tidak mau membuang banyak waktunya.
Bill Gates sang pendiri Microsoft misalnya, dia selalu mencari orang yang bermalas-malasan. Alasannya Cuma 1, karena orang malas menemukan cara tercepat untuk menyelesaikan suatu persoalan.
Jadi anda jangan terlalu khawatir bila diri anda malas. Tetapi yang patut anda khawatirkan adalah malas melakukan segala sesuatu.
Malas mengambil sesuatu yang dekat dengan alasan malas gerak (mager). Itu jelas hal yang salah
Malas disini yang dimaksudkan adalah tidak mau melakukannya berkali-kali, jadi supaya dia tidak menghabiskan banyak waktunya untuk satu masalah itu.
Kamu boleh malas bergerak, tapi jangan sampai malas berpikir. Kuncinya hanya itu bila dirimu ingin menjadi seorang yang pintar.

2. Berimajinasilah dengan keadaan sekitarmu

Mimpi adalah kunci untuk kita menaklukan dunia, seperti itulah yang diucapkan narji dalam lagu laskar pelangi.
Ternyata menurut penelitian, banyak orang-orang pintar diluar sana adalah orang yang banyak berimajinasi.
Jika anda suka berimajinasi, mungkin anda salah satu dari kebanyakan orang pintar diluar sana.
Hanya saja, disinilah letak perbedaannya. Orang pintar suka berimajinasi dengan keadaan disekitarnya, bukan hanya sekedar berimajinasi saja.
Kita ambil contoh, bila dia kesulitan mengerjakan soal matematika. Dia menggunakan imajinasinya untuk membuat soal-soal matematika tersebut seperti permainan, lalu bagaimana cara memenangkannya?
Caranya adalah menemukan bagaimana permainan tersebut berjalan, dan pada akhirnya setelah mengetahui bagaimana permainan itu berjalan, maka dia akan menemukan jalan keluarnya.
Setelah ditemukan jalan keluar, barulah dia bisa memenangkan permainan tersebut. Untuk itulah sangat penting sekali berimajinasi.
Banyak orang hanya berimajinasi diluar logika, namun tidak bisa dibawa kedalam kondisi yang ada. Disinilah letak perbedaan yang mengarahkan pandangan kita sehingga kita tidak bisa berbuat apa-apa.
Sekarang coba bayangkan posisi dirimu sedang berimajinasi tentang jadi artis, yang dirimu pikirkan hanyalah kehidupan mewah artis tersebut, selalu dikenal dan banyak uangnya.
Alhasil, apa yang kamu dapatkan dari hasil berimajinasimu??
Jelas tidak ada yang bisa kamu dapatkan.
Beda cerita ketika dirimu berimajinasi tentang bagaimana cara membuat diri kita menjadi terkenal, lalu bisa terjun kedalam dunia artis, bermain peran dan menjadi seorang tokoh utama dalam suatu film.
Alhasil, dia mendapatkan ide supaya bisa menjadi artis.
Begitulah kuncinya, sesuaikan imajinasi kita dengan keadaan sekitar.
Boleh juga menerapkan berimajinasi out of the box, namun setelah itu langsung masukkan lagi kedalam imajinasi mencari jalan keluar.
Cobalah menggunakan teknik ini dalam mengerjakan soal-soal, niscaya berhasil.
Saya selalu menerapkan teknik ini pada permasalahan yang sulit dijawab, karena ini akan menguras kinerja otak kita. Lebih baik berimajinasi sesuai kondisi atas permasalahan yang ada.

3. Menghafal rumus atau poin pentingnya saja

Segala sesuatu yang dibuat dan dikerjakan oleh manusia, pasti ada rumusnya.
Mulai dari orang tersebut bangun tidur hingga kemudian saat dirinya ingin tidur kembali.
Saat kita ingin bangun tidur, rumusnya adalah angkat badan dari posisi telentang menuju posisi duduk. Jangan lupa untuk membuka mata terlebih dahulu dan tetap bernafas.
Begitu pula saat kita mau tidur, kita harus duduk terlebih dahulu baru kemudian jatuhkan badan kebelakang. Jangan lupa untuk menutup mata, karena bukan tidur namanya jika mata masih dibuka.
Begitu juga dengan apapun didunia ini, jika dirimu telah mengetahui rumusnya, maka segala sesuatu sangat mudah untuk dikerjakan.
Oh iya satu lagi. Jika menurutmu tidak ada rumus yang cocok, maka gantinya dengan poin penting.
Poin penting sangat berguna jika diterapkan pada suatu kondisi dimana terlalu panjang kata-kata yang ada. Jarang sekali ada orang yang bisa menghafal banyaknya kata dalam waktu singkat.
Cobalah gunakan rumus dan poin penting ini dalam kehidupanmu sehari-hari. Semakin kita terbiasa menggunakannya, kita akan semakin mudah untuk menyelesaikan apapun.

4. Bukan seberapa banyak, tapi seberapa besar manfaatnya

Terkadang orang terlalu mencari ilmu sebanyak-banyaknya, namun dia lupa bahwa manusia cepat lupa.
Saya sendiripun malas banyak membaca, alasannya cuma 1 yaitu hanya masuk kuping kanan keluar kuping kiri alias ga ada yang nyangkut di otak.
Tahukah anda? Orang pintar selalu membaca dan mencari suatu informasi yang besar manfaatnya. Bukan seberapa banyak informasi tersebut.
Mengapa mereka melakukan demikian?? Karena mereka tidak mau membuang waktu mereka dengan sia-sia dan percuma.
Lebih baik jika hanya membaca 1 lembar yang sangat besar manfaatnya daripada mencari suatu informasi dalam 1 buku tebal.
Anda jelas kaget bukan, karena masyarakat sudah terpaku pada ajaran seberapa banyak informasi tersebut, bukan seberapa besar manfaatnya informasi tersebut.
Jika anda ingin cepat menjadi orang pintar, maka trik rahasia ini sangat bermanfaat untuk anda.
Alasannya hanya 1, yaitu membuat dirimu lebih fleksibel dengan waktu yang dia punya.
Semakin besar manfaatnya bagi seseorang, akan semakin besar pula kemungkinan informasi tersebut menempel didalam otaknya sehingga dia akan selalu mengingatnya kapanpun.
Alasan lainnya adalah dia mengaktifkan seluruh bagian tubuhnya terutama alam bawah sadar untuk mengingat informasi tersebut dan mempergunakannya sewaktu-waktu bila dia membutuhkannya.
Kita ambil 1 contoh nyata, Budi selalu membaca 1 buku setiap hari sementara Jose hanya membaca 5 lembar halaman setiap hari.
Ternyata, pengetahuan dan kecerdasan yang tinggi justru dimiliki oleh Jose. Mengapa?
Karena setiap informasi yang dia dapat selalu disimpan baik baik diotaknya, sementara budi hanya menjadi orang biasa yang pengetahuannya pun tidak luas.
Semakin banyak informasi yang kita terima, hanya membuat penat pikiran dan mata menjadi lelah.
Alhasil tidak ada banyak informasi yang benar-benar masuk kedalam otak, dan sia-sia lah hasil bacaan kita.
Namun jika kita tertarik pada sesuatu, otak akan merespon sehingga kita lebih bersemangat dan juga membuat diri kita lebih membuka diri terhadap informasi yang masuk.
Hasil yang kita dapat pun akan menakjubkan. Anda tidak percaya?? Cobalah sendiri dan rasakan manfaat yang begitu besarnya.

5. Gunakan otak kanan dan otak kiri secara bersamaan

Kebanyakan orang termasuk anda dan saya, selalu menggunakan hanya sebagian otaknya.
Jika kita mengerjakan soal matematika, yang bekerja adalah kanan. Dan jika kita sedang bermain alat musik, maka yang bekerja adalah otak kiri.
Sekarang pertanyaannya adalah bagaimana caranya menggunakan kedua bagian yaitu otak kanan dan otak kiri secara bersamaan?
Jawabannya hanya satu, dirimu sendiri yang bisa mengolahnya.
Bagaimana caranya??
Saat anda sedang bermain musik, cobalah hitung apapun yang terkait dengan angka dalam musik seperti kunci gitar, not baloknya dan juga getaran yang dihasilkan apakah terlalu kencang atau pas ditelinga kita.
Cara ini akan membuat kedua bagian otak bekerja bersamaan.
Hasilnya yang bisa dirimu dapatkan adalah kemampuan bermain alat musikmu menjadi lebih cepat berkembang daripada sebelumnya.
Begitu pula caranya bisa anda terapkan saat anda sedang mengerjakan soal matematika.
Penelitian membuktikan bahwa orang pintar adalah orang yang mempunyai peran seimbang antara otak kanan dan otak kiri yang bekerja secara efesien dan juga bekerja secepat mungkin.
Bagaimana cara mereka mendapatkannya?
Dengan memakai teknik ini setiap saat, awalnya saat anda menerapkan teknik ini adalah sangat tidak berguna, namun lama kelamaan anda akan menjadi terbiasa dan pada akhirnya kinerja otak anda akan berimbang.

6. Latihan Terus Menerus

Mengapa saya katakan demikian? Karena tidak ada satupun orang pintar diluar sana yang bisa pintar tanpa latihan.
Bahkan Albert Enstein sekalipun tidak akan bisa menjadi manusia jenius didunia tanpa berlatih.
Kenapa saya katakan demikian?
Dengan latihan, otak dan tubuh kita akan mulai membiasakan diri terhadap kesulitan dan ketidakpahaman akan sesuatu informasi yang baru.
Mulailah dengan latihan yang mudah. Alasannya agar otak tidak langsung bekerja dengan berat.
Beberapa soal yang mudah akan membuat otak kita mulai bekerja hingga sampai pada saat kinerja terbaiknya.
Pada saat inilah kita bisa mengerjakan soal soal yang tergolong sulit.
Otak kita sudah berada pada kinerja terbaiknya dan siap untuk berhadapan dengan soal soal sulit tersebut.
Namun teknik ini akan gagal diterapkan pada soal yang memerlukan rumus khusus. Karena sebelum mengerjakan soal kita harus mengetahui terlebih dahulu rumusnya sebelum mengerjakan soalnya.
Untuk itulah trik rahasia menghafal rumus itu diperlukan.
Namun beda cerita ketika kita mengerjakan soal yang membutuhkan pemahaman logika.
Pemahaman logika adalah salah satu persoalan yang paling mudah untuk dikerjakan.
Alasannya sangat jelas, karena segala sesuatu yang ada didunia ini erat kaitannya dengan logika.
Otak kita pun sudah terbiasa dengan pemahaman logika sehingga tidak dibutuhkan waktu yang lama dalam mengerjakannya.
Ingat satu hal, jangan berimajinasi saat mengerjakan persoalan pemahaman logika, karena ini akan mengacaukan otak kita yang sedang berfokus untuk memecahkan suatu masalah.
Latihan terus-menerus membuat kita semakin percaya diri karena kita sudah terbiasa menghadapinya dan juga menambah semangat kita.
Percaya atau tidak, tanpa kita sadari bahwa rata-rata orang pintar berlatih 100 kali dalam sehari.
Sementara orang yang biasa biasa saja hanya latihan dibawah 50 kali per hari, bahkan ada yang tidak latihan sama sekali.
Apakah kalian tahu apa yang terjadi jika kita tidak pernah latihan dalam sehari saja?
Yang terjadi saat kita tidak pernah latihan dalam sehari saja adalah kita mematikan kinerja otak kita dan membuat tubuh kita semakin tidak bergairah.
Sekarang bayangkan jika kaki tidak pernah digunakan untuk berjalan. Mungkin sehari dua hari tidak akan terjadi apa-apa. Tetapi bayangkan jika itu terjadi dalam jangka berbulan-bulan hingga bertahun-tahun.
Yang terjadi adalah kakinya kehilangan kemampuan untuk bergerak sehingga bisa dikatakan bahwa kakinya lumpuh.
Hal seperti itulah yang bisa terjadi di otak kita.
Otak kita akan lumpuh jika kita tidak pernah menggunakannya.
Tetapi apakah kalian tau, bahwa berpikir setiap saat dapat meningkatkan kerja otak?
Otak tidak mempunyai kata untuk istirahat, karena dia terus bekerja bahkan ketika kita tidur sekalipun.
Jika orang berpikir setiap saat, maka dia akan mempergunakan otaknya sehingga otaknya selalu berada di level maksimal kinerjanya dan terus bertambah kemampuan otaknya.
Penelitian membuktikan bahwa orang jenius adalah orang yang selalu berlatih tanpa kenal batas waktu dan hasilnya adalah jenius bukan didapatkan dengan gratis.
Jenius adalah kondisi dimana kita memperoleh pengetahuan dan keterampilan yang jauh lebih mantap daripada orang lain karena otaknya selalu bekerja. Jenius bisa didapatkan dan diperoleh dengan latihan terus-menerus.
Jadi, apakah kalian ingin jenius??
Jawabannya adalah latihannya terus-menerus tanpa batas waktu.
© 2018 My Blog. All Right Reserved.

Soal dan Jawaban lainnya

Latihan Soal Kewirausahawan Pilihan Ganda

Soal Latihan Pilihan Ganda Bab Karakteristik Wirausahawan 1. Seorang wirausahawan dalam memutuskan sesuatu tidak boleh berubah-ubah, oleh...