Inilah Prediksi Soal-Soal yang
kemungkinan besar keluar di Pelajaran Sejarah Kelas 10 SMA Kategori Soal Esai.
Besar kemungkinan anda untuk mendapatkan nilai yang bagus
jauh lebih tinggi dan lebih besar dari teman kalian yang tidak belajar latihan
soal-soal ini.
Berikut dibawah ini contoh soalnya.
1. Jelaskan hubungan antara sejarah, pohon, dan silsilah dalam kaitannya
dengan definisi sejarah secara etimologis.
Jawabannya:
Secara etimologis, kaata sejarah berasal dari bahasa Arab
Syajaratun yang artinya ‘pohon’.
Sebagai simbol kehidupan, pohon, dari akar hingga daunnya saling berkaitan.
Seperti pohon, sejarah pada setiap peristiwanya berkaitan dan saling
memengaruhi masa yang akan datang. Definisi ini juga merujuk pada silsilah,
terutama silsilah raja atau dinasi pada masa lalu.
2. Mengapa tidak semua peristiwa masa lalu dapat disebut sebagai peristiwa
sejarah?
Jawabannya:
Karena hanya peristiwa yang bersifat penting, abadi, dan
unik yang dapat disebut sebagai peristiwa sejarah melalui rekontruksi sejarah
untuk membuktikan bahwa peristiwa itu benar-benar terjadi dari data-data yang
telah teruji.
3. Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut.
- Herodotus: Sejarah bercerita tentang penyebab manusia melakukan berbagai
tindakan.
- Ibnu Khaldun: Sejarah bercerita tentang perubahan-perubahan dalam
masyarakat atau peradaban manusia.
- Moh. Ali dalam bukunya Pengantar
Ilmu Sejarah Indonesia: Sejarah adalah cerita atau ilmu tentang
perubahan-perubahan yang terjadi dalam kehidupan manusia bersifat abadi,
penting, dan unik.
- Kuntowijoyo dalam bukunya Pengantar
Ilmu Sejarah: Sejarah adalah rekonstruksi masa lalu dari yang dipikirkan,
dikatakan, dikerjakan, dirasakan, dan dialami oleh manusia.
Buatlah simpulan berkaitan dengan pengertian sejarah dari keempat tokoh
tersebut.
Jawabannya:
Pengertian sejarah dari keempat tokoh itu adalah Sejarah
adalah ilmu atau cerita tentang perubahan-perubahan yang terjadi, penyebab
manusia melakukan berbagai tindakan, peradaban manusia itu sendiri dari masa
lalu yang dipikirkan, dikatakan, dikerjakan, dirasakan, dan dialami oleh
manusia lalu direkonstruksi sehingga setiap peristiwa yang bersifat abadi,
penting dan unik dapat didokumentasikan dan disebarkan sebagai fakta akan
peradaban manusia di masa lalu.
4. Apa yang dimaksud dengan sejarah objektif dan sejarah subjektif?
Jawabannya:
Sejarah objektif adalah hal yang dipikirkan, dikatakan,
dirasakan, dan dialami oleh manusia dalam ruang dan waktu. Sedangkan Sejarah
subjektif adalah orang yang meneliti sejarah.
5. Bagaimanakah hubungan sejarah dengan konsep ruang dan waktu?
Jawabannya:
Hubungannya adalah
bahwa manusia, duang, dan waktu tidak dapat dipisahkan karena setiap peristiwa
sejarah yang dialami manusia pada masa lampau berlangsung dalam ruang dan waktu
tertentu.
6. Jelaskan tujuan berpikir sinkronik dan diakronik dalam mempelajari
sejarah.
Jawabannya:
Tujuan berpikir
diakronik adalah untuk melihat perubahan yang terjadi dalam proses perkembangan
peristiwa sejarah tersebut. Sedangkan tujuan berpikir sinkronik adalah melihat
perubahan segala sesuatu yang bersangkutan dengan peristiwa yang terjadi pada
suatu masa.
7. Apa yang dimaksud peran sejarah dalam memperkokoh identitas bangsa?
Jelaskan disertai contoh.
Jawabannya:
Sejarah berperan
penting membentuk identitas dan kepribadian bangsaa. Suatu masyarakat atau
bangsa tak mungkin akan mengenal identitas dan perkembangan mereka hingga
sekarang ini tanpa mengenal sejarah. Sejarah dan identitas bangsa memiliki
hubungan timbal-balik. Akar sejarah yang dalam dan panjang akan memperkokoh
keberadaan, identitas, serta kerpibadian suatu bangsaa. Dengan demikian, suatu
bangsaa akan bangga dan mencintai sejarahnya.
8. Jelaskan peran manusia sebagai penggerak dalam sejarah.
Jawabannya:
Peran manusia
menjadi penggerak dalam sejarah atau peristiwa hidupnya dalam rangka mewujudkan
perubahan dan kemajuan yang dicita-citakannya. Perannya dalam peristiwa sejarah
layaknya pemeran utama dalam drama. Pemeran utama dalam drama menjadikan
manusia sebagai pencipta, pelaku, penutur, dan sekaligus sebagai sumber sejarah
9. Jelaskan konsep perubahan dan keberlanjutan dalam sejarah
Jawabannya:
Konsep perubahan
dan keberlanjutan dalam sejarah dapat kita ketahui dengan cara membandingkan
dua atau lebih peristiwa atau keadaan pada masa lalu karena setiap peristiwa
tidak berdiri sendiri dan tidak terpisahkan dari peristiwa lain. Rangkaian
peristiwa yang ada merupakan peristiwa yang berkelanjutan dan menimbulkan suatu
perubahan.
10. Jelaskan lima manfaat belajar sejarah.
Jawabannya:
1) Sebagai panduan
moral dan politik (Segala peristiwa baik-buruk yang terjadi dapat dijadikan
panduan dalam menghadapi permasalahan yang terjadi pada masa kini dengan jalan
keluar atau hikmah yang bisa kita ambil)
2) Sarana mengenal
lebih dekat bangsa sendiri dan bangsa-bangsa lain (Mengetahui segala peristiwa
masa lalu mulai dari peradaban hingga kebudayaan dan peninggalan yang menambah
wawasan kita).
3) Memperkokoh
identitas bangsa (Membuat kita bangga akan sejarah bangsa kita sendiri).
4) Latihan
berpikir menyeluruh (Holistik) dan Multiperspektif (Melatih untuk berpikir
segala arah dalam memandang suatu peristiwa).
5) Melatih
berpikir diakronik dan sinkronik (Melatih untuk berpikir memanjang dalam waktu
dan melebar dalam ruang)
Lanjut ke soal nomor 11 sampai dengan soal nomor 20.