Inilah Prediksi Soal-soal yang kemungkinan besar keluar di
Pelajaran Sejarah Kelas 10 Tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA).
Besar kemungkinan anda untuk mendapatkan nilai yang bagus
jauh lebih tinggi dan lebih besar dari teman kalian yang tidak belajar latihan
soal-soal ini.
Ini merupakan lanjutan dari Contoh Soal Sejarah Kelas 10 PG (Bagian 8)
Soal-Soal PG ini bisa anda jadikan referensi dalam menghadapi
soal Sejarah kelas 10 SMA yang sebenarnya.
Berikut dibawah ini adalah Contoh Soal Sejarah Kelas 10 PG Beserta
Jawabannya (Bagian 9), dimulai dari soal nomor 81 sampai dengan soal nomor 90.
81. Pengelompokkan
peristiwa-peristiwa sejarah berdasarkan ciri-ciri tertentu untuk menghindari
anakronisme sejarah disebut....
A. Periodisasi
B. Kronologi
C. Sinkronik
D. Empiris
E. Kronik
Jawabannya: B. Kronologi
82. Perhatikan data-data
berikut
1) Masa Pergerakan Nasional
2) Abad Pertengahan
3) Masa Pendudukan Jepang
4) Renaisans
5) Masa reformasi
Periodisasi sejarah Eroopa
ditunjukkan nomor....
A. 1) dan 3)
B. 1) dan 4)
C. 2) dan 4)
D. 3) dan 5)
E. 4) dan 5)
Jawabannya: C. 2) dan 4)
83. Jika mempelajari
peristiwa sejarah secara menyeluruh, meliputi waktu yang panjang, tetapi
terbatas dalam ruang, Anda menggunakan konsep berpikir...
A. Kronik
B. Sinkronik
C. Diakronik
D. Kronologi
E. Anakronisme
Jawabannya: C. Diakronik
84. Konsep berpikir
sinkronik dalam mempelajari peristiwa-peristiwa sejarah akan membutuhkan...
A. Biaya penelitian yang
besar
B. Perbandingan dengan ilmu
sosial
C. Teori dan konsep
ilmu-ilmu sosial
D. Waktu yang lama untuk
membuat analisisnya
E. Sumber asli hasil
wawancara dengan pelaku sejarah
Jawabannya: B. Perbandingan dengan ilmu sosial
85. Perbedaan ilmu sejarah
dengan ilmu sosial adalah ilmu sejarah...
A. Unsur subjektifitasnya
tinggi, sedangkan ilmu sosial sangat objektif karena mengkaji peristiwa
kotemporer
B. Ditulis dengan gaya
bahasa yang cenderung kaku, sedangkan ilmu sosial lebih mudah dimengerti
C. Memiliki generalisasi
berdasarkan fakta, sedangkan ilmu sosial generalisasinya berupa asumsi
D. Memanjang dalam waktu,
sedangkan ilmu sosial melebar dalam ruang
E. Disusun secara tematis,
sedangkan ilmu sosial secara kronologis
Jawabannya: A. Unsur subjektifitasnya tinggi, sedangkan ilmu sosial
sangat objektif karena mengkaji peristiwa kotemporer
86. Bacalah informasi
berikut dengan seksama.
Teori dan konsep ilmu sosial
dapat dijadikan sebagai pisau analisis sejarawan dalam menganalisis peristiwa
sejarah. Hal tersebut dapat membuat sejarawan menganalisis peristiwa sejarah
secara mendalam.
Hal tersebut merupakan
konsep sejarah, yaitu....
A. Kronik
B. Sinkronik
C. Diakronik
D. Monokronik
E. Anakronisme
Jawabannya: B. Sinkronik
87. Perbedaan utama antara
kronologi dan kronik adalah...
A. Kronologi menunjukkan
urutan waktu, sedangkan kronik menunjukkan catatan peritiwa
B. Kronologi hanya melihat
peristiwa politik saja, sedangkan kronik melihat peristiwa sosial-ekonomi
C. Kronologi menunjukkan
urutan peristiwa yang saling berhubungan, sedangkan kronik hanya sekedar
menunjukkan catatan peristiwa-peristiwa tanpa jelas hubungannya
D. Kronologi adalah
pembagian zaman, pengelompokkan peristiwa sejarah berdasarkan ciri khasnya,
sedangkan kronik adalah urutan peristiwa sejarah sesuai waktu terjadinya
E. Kronologi bertujuan
membagi peristiwa sejarah dalam beberapa bidang kajian, sedangkan kronik adalah
urutan dinasi-dinasti pemerintahan di Tiongkok
Jawabannya: C. Kronologi menunjukkan urutan peristiwa yang saling
berhubungan, sedangkan kronik hanya sekedar menunjukkan catatan peristiwa-peristiwa
tanpa jelas hubungannya
88. Tujuan berpikir
sinkronik dalam mempelajari sejarah adalah...
A. Melihat perubahan dan perkembangan
suatu peristiwa sejarah secara struktural
B. Mempermudah mengkaji
peristiwa sejarah karena telah sesuai urutan waktu
C. Tidak terjadi tumpang
tindih atau bertumpukan antarperistiwa sejarah
D. Mempemudah penerapan
konsep periodisasi dan kronolosi
E. Mempelajari peristiwa
sejarah sesuai waktu terjadinya
Jawabannya: A. Melihat perubahan dan perkembangan suatu peristiwa sejarah
secara struktural
89. Kronologi sangat penting
dalam merekonstruksi peristiwa masa lalu dan menghindari terjadinya
anakronisme. Definisi anakronisme dalam sejarah adalah....
A. Kerancuan dalam urutan
peristiwa sejarah
B. Pembabakan peristiwa sejarah
tanpa dasar yang jelas
C. Terjadinya missing link dalam urutan peristiwa sejarah
D. Terdapatnya dua peristiwa
sejarah dalam versi yang berbeda
E. Hilanngnya satu atau dua
peristiwa sejarah dalam suatu kronologi
Jawabannya: E. Hilanngnya satu atau dua peristiwa sejarah dalam suatu
kronologi
90. Perhatikan rangkaian
peristiwa berikut.
1) Pada tahun 1511, Alfonso
de Albuquerque berhasil menguasai kota pelabuhan Malaka.
2) Pada tahun 1521,
Sebastian de Cano (Spanyol) berlayar bersama Ferdinand Magellan. Setelah
Ferdinand meninggal, ia melanjutkan perjalanan pulang ke Spanyol melewati
Tidore, Maluku, Timor, dan menyeberangi Samudra Hindia
3) Pada tahun 1579, Sir
Francis Drake berlabuh di Kerajaan Ternate dan dijamu oleh Sultan Ternate,
Baabullah
4) Pada tahun 1596, Cornelis
de Houtman tiba di Banten pada 1596, dengan menggunakan empat kapal
5) Pada tahun 1602, James
Lancester (EIC-Inggris) melakukan pelayaran ke Indonesia kapalnya tiba di Aceh
6) Pada tahun 1770, James
Cook, pelaut terkenal Inggris setelah melakukan pelayaran Australia, singgah di
Batavia karena kapalnya mengalami kerusakan.
Rangkaian peristiwa tersebut
merupakan salah satu contoh dari....
A. Tambo
B. Kronik
C. Babad
D. Kronologi
E. Periodisasi
Jawabannya: E. Periodisasi
Lanjut ke soal nomor 91 - 100 = Contoh Soal Sejarah Kelasa 10 PG (Bagian 10)